5 Alasan Utama Kenapa Harus Jadi Bos Untuk Dirimu Sendiri

5-alasan-utama-kenapa-kamu-harus-jadi-bos-untuk-dirimu-sendiri

5 Alasan Utama Kenapa Harus Jadi Bos Untuk Dirimu Sendiri – Banyak orang sudah pernah mengalami masalah dalam pekerjaan hingga pada titik dimana mereka ingin berhenti dan hanya bekerja untuk diri mereka sendiri. Masalah tersebut bisa saja datang dari atasan, rekan kerja atau dari pekerjaan itu sendiri.

Semakin banyak orang akhirnya memutuskan untuk menjadi bos dibanding menjadi bawahan. Apakah yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah besar dalam kehidupan mereka? Berikut 5 alasan mengapa kamu harus menjadi seorang bos.

Alasan pertama yaitu uang. Salah satu alasan terbesar mengapa semakin banyak orang memutuskan untuk menjadi seorang bos adalah karena mereka ingin mendapatkan kebebasan finansial untuk diri mereka sendiri. Sebelumnya mereka sering kali bekerja membanting tulang untuk membantu atasan mereka mendapatkan untung lebih bagi perusahaan, namun mereka tidak pernah benar-benar mendapatkan untung atas usaha mereka tersebut. Kebanyakan orang dengan jabatan yang lebih tinggi lah yang justru mendapatkan keuntungan.

Inilah yang membuat mereka akhirnya berani mengambil resiko dan memutuskan menjadi bos, agar mereka dapat merasakan keuntungan atas usaha dari kerja keras mereka. Sehingga mereka tidak perlu lagi jadi pekerja yang kerja keras untuk menghasilkan uang untuk bos sedangkan mereka harus bisa bertahan hidup dari gaji.

Alasan kedua, bisa mengambil keputusan. Alasan lainnya mengapa banyak orang ingin menjadi bos adalah karena mereka ingin memiliki kebebasan dalam pengambilan keputusan untuk bisnis mereka sendiri.

Sebagai karyawan, mereka sering kali frustasi karena keputusan sepihak yang diambil atasan. Pekerja dipaksa untuk setuju dan melakukan apa saja yang sudah menjadi keputusan si bos, tanpa bisa ikut andil memberi saran atau ide yang mungkin lebih baik.

Orang – orang semacam ini adalah tipe orang yang lebih memilih menjadi independen dan suka mengambil keputusan, mereka tidak cocok menjadi bawahan.

Alasan ketiga, fleksibilitas. Ketika kamu menjadi seorang bos, kamu bebas untuk bekerja kapapun dan dimanapun. Orang yang sudah menjadi bos, bisa memilih kapan mereka akan mulai bekerja. Pada hari apa atau jam berapa mereka ingin bekerja. Sehingga mereka tidah lagi diharuskan bangun ketika jam alarm berbunyi dan datang ke tempat kerja tepat waktu.

Selain itu mereka juga berhak untuk menentukan berapa lama mereka ingin bekerja dalam sehari atau seminggu. Jika kamu bekerja untuk orang lain, kamu pasti akan diberi aturan berapa lama kamu bekerja dalam sehari atau seminggu. Suka atau tidak, kamu tidak punya pilihan selain menerima aturan tersebut.

Selain itu jika kamu menjadi seorang bos, kamu juga bisa bekerja di rumah atau dimanapun kamu mau. Tidak perlu terpaku disatu tempat. Kamu bisa bekerja ditaman atau dimanapun sesuai keinginanmu.

Alasan keempat, waktu untuk diri sendiri. Mereka yang telah menjadi seorang bos, memiliki kebebasan untuk menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang mereka suka. Jika mereka ingin berwisata mereka bebas menentukan waktu libur dari pekerjaan mereka. Atau jika ingin berlibur

bersama keluarga mereka juga bisa mengatur jadwal mereka sendiri. Mereka tidak perlu lagi bekerja 8-10 jam sehari setelah menjadi seorang bos. Sekarang mereka bebas menentukan jam kerja dan bebas merencanakan liburan kapanpun mereka mau.

Alasan kelima, menghargai diri sendiri. Sayangnya, kebanyakan pekerja yang bekerja untuk orang lain harus merasakan tekanan pada diri mereka. Sering kali mereka harus menelan kritikan tentang pekerjaan atau tentang performa kerja mereka walaupun sudah melakukan yang terbaik. Hal ini membuat pekerja sering kali merasa tidak dihargai atau yang lebih parah merasa tidak berharga.

Namun, jika kamu menjadi bos, dan bekerja untuk diri sendiri, kamu hanya perlu memuaskan satu orang yaitu dirimu sendiri (untuk pekerjaan di bidang jasa, kamu juga harus memuaskan pelanggan). Sehingga tentu saja, tekanan yang ada akan berkurang, dan kamu bisa lebih mengharga hasil kerjamu sendiri. Hal ini tentu saja mampu meningkatkan kepercayaan diri dan performa kerja. Karena selalu dikritisi justru hanya akan membuat tertekan dan kehilangan kepercayaan diri.

Alasan – alasan diatas merupakan alasan umum mengapa banyak orang akhirnya melepaskan pekerjaan mereka sebelumnya dan memilih bekerja untuk diri sendiri. Lebih bebas memutuskan, finansial juga bertambah, lebih fleksibel, bisa bebas mengatur waktu untuk diri sendiri, keluarga dan pekerjaan serta meningkatkan kepercayaan diri adalah alasan mengapa kamu harus menjadi bos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *