Cara Efektif Untuk Mengatasi Rasa Cemas Berlebih

cara-mengatasi-rasa-cemas-berlebih

Cara Efektif Untuk Mengatasi Rasa Cemas Berlebih – Apakah anda sering berada dalam situasi yang membuat degup jantung anda menjadi lebih cepat hingga berkeringat sangat banyak dan merasa sesak nafas? Jika ya, jangan langsung berpikir bahwa Anda mengalami serangan jantung, karena mungkin saja anda sedang mengalami “anxiety attack” atau lebih akrab dikenal dengan “panic attack”. Dalam bahasa Indonesia, “Panic attack” dapat diartikan sebagai rasa cemas berlebih atau gangguan kecemasan.

Kecemasan ditandai dengan adanya reaksi – reaksi berlebihan atas situasi yang menakutkan atau menegangkan yang mampu mengancam jiwa. Ketika seseorang mengikuti Anda ke lorong yang gelap misalnya, akan muncul perasaan cemas diiringi dengan degup jantung yang semakin cepat dan telapak tangan yang berkeringat yang berfungsi untuk meningkatkan indera – indera lainnya sehingga membuat insting untuk menyelamatkan diri sendiri menjadi lebih tajam. Inilah yang dinamakan sindrom untuk melawan atau membela diri dari ancaman yang dirasakan.

Dalam kasus rasa cemas yang sering terjadi, rasa takut yang muncul adalah rasa takut terhadap situasi tertentu bukan terhadap situasi itu sendiri. Contoh kecilnya adalah, terjebak macet dapat membuat Anda merasa cemas karena Anda akan terlambat ke kantor.   Atau Anda cemas ketika mulai bekerja di tempat baru, karena Anda tidak mengenali siapapun. Rasa takut karena tidak mengenal siapapun dan rasa takut terlambat tiba di kantor inilah yang dapat membuat Anda cemas.

Kebanyakan orang merasakan panik atau cemas dalam skala kecil. Seperti beberapa contoh diatas, pada akhirnya semua tingkah laku saat mengalami kecemasan merupakan tindakan membela diri untuk menyelamatkan diri dari ancaman.  Ketika berada dalam situasi yang membuat cemas namun hal yang kita cemaskan tidak terwujud maka secara otomatis kecemasan yang kita rasakan akan berhenti. Namun untuk seseorang yang memiliki rasa cemas berlebih, kasusnya tidak semudah contoh diatas.

Bagi seseorang yang mengalami gangguan kecemasan, setiap situasi yang membuat cemas bukan karena situasi tersebut mengancam jiwa namun lebih karena situasi tersebut merupakan situasi penuh tekanan sehingga menjadi cemas merupakan cara untuk menghadapi situasi tersebut. Kecemasan semacam inilah yang bisa menggiring Anda menjadi pribadi yang penuh depresi nantinya.

Jika anda mengalami serangan kecemasan pada beberapa kesempatan atau mengalami gangguan kecemasan dengan frekuensi yang semakin meningkat, maka Anda perlu mengatasinya segera. Berikut beberapa cara untuk mengatasi kecemasan berlebih atau gangguan kecemasan :

  1. Berkonsultasi dengan ahlinya. Ini tentunya adalah langkah yang paling baik. Membuat kesimpulan sendiri atas segala macam kelainan fisik maupun mental merupakan tindakan yang berbahaya dan tidak bijak untuk dilakukan. Seorang ahli psikologi akan membantu anda untuk memahami kecemasan yang anda alami dan dapat memberikan solusi terbaik berupa obat atau terapi lainnya yang efektif.
  2. Tidur malam yang nyenyak. Selama waktu tidur, tubuh anda dapat “memperbaiki” dirinya sendiri. Maka dari itulah anda akan merasa lebih segar dan nyaman jika mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari. Rata – rata waktu tidur yang dibutuhkan untuk beristirahat adalah delapan jam, namun hal ini tentu tidak sama pada setiap orang.
  3. Olahraga secara konsisten. Berolahraga dapat membantu anda agar lebih efisien dalam menggunakan oksigen. Berolahraga juga membantu memperlancar alirah darah ke otak, meningkatkan fokus sehingga dapat membantu Anda mencari solusi untuk menyelesaikan masalah daripada mencemaskannya.
  4. meditasi. Meditasi yang sesungguhnya bukan hanya sekedar duduk santai diatas matras. Karena bermeditasi sesungguhnya adalah menenangkan pikiran dan jiwa serta mengolah emosi dan napas, olahraga yang mendukung kegiatan ini ialah yoga. Meditasi ringan hanya butuh waktu 5 menit setiap harinya untuk membersihkan pikiran.
  5. mengontrol rasa cemas. Saat Anda mulai merasa degup jantung anda semakin cepat, cobalah menarik napas panjang dan hitung mundur dari sepuluh. Seraya berhitung cobalah untuk fokus pada situasi nyata yang sedang Anda alami. Bersihkan pikiran dan coba untuk membaca situasi dengan lebih tenang dan coba untuk menolak segala pikiran negatif yang anda khawatirkan akan terjadi.
  6. tidak menggunakan alkohol. Alkohol merupakan sebuah depresan sehingga salah besar jika Anda berpikir alkohol dapat menenangkan Anda ketika rasa cemas menghampiri.
  7. Mencari akifitas yang menyenangkan. Rasa tertekan dapat menguras energi. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan kegiatan positif yang menyenangkan dan santai misalnya berkebun, membaca atau mendengarkan musik.

Rasa cemas dan gelisah bisa datang kapan saja. Dan merpakan hal yang normal terjadi. Namun jika rasa cemas yang anda alami semakin meningkat frekuensinya maka mungkin akan ada dampak negatif yang cukup serius di hari nanti. Dan jika anda merasa kecemasan yang anda alami mulai mengambil alih diri anda sehingga menimbulkan masalah bagi diri anda maka segeralah temui para ahli untuk membantu anda menanganinya dengan segera. Jangan berdiam diri, karena hanya akan manimbulkan masalah dan rasa tidak nyaman yang berlanjut.

Demikianlah artikel tentang Cara Efektif Mengatasi Rasa Cemas Berlebih. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *