Etika Bisnis Sederhana yang Wajib Dimiliki Pemilik Usaha

etika-bisnis-sederhana
etika-bisnis-sederhana
Ilustrasi : Etika Bisnis

Dalam berbisnis selain modal uang dan keterampilan, etika bisnis juga sangat penting untuk menunjang bisnis Anda. Walaupun modal uang Anda banyak dan keterampilan Anda baik, namun etika bisnis Anda terhadap customer buruk maka semua hal yang Anda miliki akan sia – sia. Lalu apa saja etika bisnis yang harus dimiliki seorang pemilik usaha? Yuk disimak.

Etika Bisnis Sederhana

  • Jujur

Dalam berbisnis janganlah selalu berfikir uang adalah tujuan utama Anda, jangan hanya karena mengejar keuntungan semata Anda harus berbohong kepada customer. Jadi cobalah jujur kepada mereka, dengan begitu mereka akan merasa dihargai.

  • Gunakanlah Panggilan Yang Sopan

Hindari pemakaian panggilan seperti Gan, Sis, Bro dan lainya. Walaupun bisnis Anda tergolong santai atau bahkan customer tersebut adalah teman Anda, tetap cobalah hargai mereka dengan panggilan yang baik, seperti bapak atau ibu, atau kalau memang ingin lebih santai gunakan panggilan seperti mas atau mbak.

  • Lebih informatif dan Cepat Tanggap

Usahakan sampaikan informasi dengan lengkap dan berikan kepastian waktu kepada pelanggan Anda supaya mereka tidak bertanya terus. Usahakanlah selalu berinisitaif memberikan informasi terlebih dulu kepada custumer sebelum mereka menanyakannya kepada Anda, jangan buat mereka menunggu tanpa ada kepastian. Lalu gunakan bahasa yang sopan dan layani mereka dengan ramah. Dahulukan pelanggan yang lebih dulu melakukan order jangan sampai diabaikan. Karena kalau Anda mengabaikan mereka maka bersiaplah Anda kehilangan customer.

  • Jangan Mudah Emosi

Dalam berbisnis Anda akan menghadapai berbagai macam sifat customer, mulai dari yang pengertian sampai dengan yang inginnya buru – buru. Nah dengan kondisi seperti itu, Anda sebagai pemilik usaha dituntut untuk tetap ramah dan sabar menghadapi mereka. Karena jika Anda mudah emosi maka customer akan lari.

Nah itulah etika bisnis sederhana yang menurut saya perlu dimiliki oleh para pemilik usaha. Mengapa saya mengatakan wajib? Karena kebanyakan pemiliki usaha sekarang hanya berfikir tentang keuntungan saja, justru terkadang hal kecil semacam etika bisnis sederhana ini sering dilupakan.

Sebetul nya sah – sah saja jika mereka mengejar keuntungan, namun kalau perlakuan mereka terhadap customer kurang baik, percayalah bisnis/usaha Anda tidak akan bertahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada tambahan atau masukan silahkan tinggalkan komentar di artikel ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *