Etos Kerja Nabi Muhammad SAW yang Wajib Kita Ikuti

etos-kerja-nabi-muhammad-saw

etos-kerja-nabi-muhammad-saw

Dalam bekerja hendaknya kita memiliki etos kerja yang baik, Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, etos memiliki makna pandangan hidup yang menjadi ciri khas dari suatu golongan sosial. Jadi dapat kira artikan makna Etos Kerja adalah semangat dalam bekerja yang menjadi ciri khas golongan tertentu.

Etos Kerja adalah sebuah totalitas yang mencerminkan kerpibadian seseorang serta cara mengekspresikan, memandang, meyakini, serta memberikan sesuatu yang memiliki arti, yang bisa mendorong dirinya untuk melakukan tindakan meraih hasil yang maksimal (high performance).

Etos kerja sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah bisnis, tanpa etos kerja yang baik sebuah usaha atau bisnis akan berjalan loyo dan tanpa gairah. Namun bila di jalankan dengan etos kerja yang baik, bisnis akan bergerak cepat dan signifikan. Lalu etos kerja seperti apa yang bisa dikatakan baik? Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang etos kerja dari Nabi Muhammad SAW yang patut kita teladani dan kita implementasikan dalam pekerjaan. Mari kita bahas!

Etos Kerja Nabi Muhammad SAW

  • Lakukan Semua Dengan Professional

Lakukan lah semua pekerjaan Anda dengan profesional dan tidak asal – asalan meski pekerjaan yang Anda tangani itu mudah. Lakukan dengan cara yang paling baik, karena sesungguhnya jika kamu melakukannya dengan cara yang baik, berarti kamu meningkatkan kualitas diri.

  • Perencanaan yang Jelas

Dalam bekerja Nabi Muhammad SAW selalu melakukan perencanaan yang jelas dan melakukan semua pekerjaannya dengan menggunakan skala prioritas. Jadi pekerjaan yang dilakukan akan dapat selesai dengan tepat waktu dan tidak membuang waktu.

  • Fokus dan Berfikir Kedepan

Dalam bekerja hendaknya Anda selalu memperhitungkan segala sesuatu, fokuslah dalam bekerja dan lakukan secara terarah agar hasilnya pun maksimal.

  • Membentuk Tim yang Solid

Hindari bekerja sendirian, bentuklah tim yang solid yang dapat memahami satu sama lain serta memiliki tujuan yang sama dan jelas, supaya hasil dari pekerjaan yang dikerjakan akan memiliki hasil yang maksimal.

  • Tidak Menunda Pekerjaan

Dalam bekerja Anda harus hindari menunda pekerjaan, lakukan dengan penuh totalitas, tuntas dan berkualitas. Nabi Muhammad adalah sosok yang penuh dengan totalitas dan menghargai waktu yang ia gunakan. Tidak pernah sedikitpun ia membuang waktu, oleh sebab itu ia sangat disegani di dunia perdagangan pada masa itu bahkan sampai saat ini.

  • Jujur

Dalam menjalankan pekerjaan dan segala sesuatu, Nabi Muhammad selalu menjalankannya penuh dengan rasa jujur. Karena dengan kejujuran pekerjaan akan terasa lebih ringan.

Nah itulah etos kerja Nabi Muhammad SAW yang patut kita contoh dan  teladani, kalau kita bekerja menggunakan cara yang baik serta dengan totalitas maka mudah – mudahan hasilnya pun tidak akan buruk. Karena keberhasilan seseorang dapat kita lihat dari cara ia berproses dan cara yang ia gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *