Cara Install dan Setting Plugin SEO By Yoast Terbaru 2016

Sudah terlalu banyak tutorial yang membahas bagaimana cara install dan setting plugin seo by yoast, namun rata – rata tutorial tersebut masih belum di update seiring dengan pembaharuan plugin seo by yoast, nah kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit tutorial bagaimana cara menginstall dan setting seo by yoast.

Plugin Seo by Yoast merupakan salah satu plugin paling populer bagi para pengguna wordpress untuk menunjang SEO. Kepopuleran plugin ini tidak lepas dari berbagai fitur yang ditawarkannya yang memudahkan pemilik blog melakukan optimasi on page pada blognya.

Oke tidak usah lama – lama, berikut ini merupakan cara install dan setting plugin seo by yoast terbaru yang saya gunakan.

  • Langkah Pertama

Masuk ke halamn admin blog wordpress Anda, kemudian pilih menu Plugin >>> Add New >>> Ketikkan pada kolom pencarian dengan kata kunci ” Seo by Yoast“. Setelah muncul, klik install pada plugin seo by yoast itu , setelah selesai klik activate, tunggu hingga proses selesai.

  • Langkah Kedua

Setelah plugin seo by yoast di install dan di aktivasi, pasti akan muncul menu bari pada sidebar admin wordpress Anda dengan nama SEO. Hal yang harus dilakukan pertama kali setelah plugin terinstall dan teraktivasi adalah menuju menu SEO >> Dashboard >> Webmastertools

Pada menu webmastertools, silahkan Anda isi dengan kode metatag verification yang Anda dapatkan dari pendaftaran blog ke webmastertools, Google, Yandex ataupun Bing.

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-1

Setelah kode verification terisi semua silahkan klik save changes untuk menyimpan settingan tersebut.

  • Langkah Ketiga

Setelah selesai melakukan setting pada halaman webmastertools, silahkan melanjutkan ke menu Tittle and Metas, silahkan ikutin pengaturannya seperti gambar dibawah ini.

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-2

  • Langkah Keempat

Setelah selesai pada menu Tittle and Metas, selanjutnya menuju menu Homepage Setting. Pada menu Homepage setting ini, kita akan melakukan konfigurasi untuk pengaturan judul situs dan meta description Anda. Berikut adalah contoh screenshot untuk mengisinya:

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-3

Keterangan :

*Tittle Template : Judul yang ingin ditampilkan pada mesin pencari

*Meta Description Template : Deskripsi blog yang akan di tampilkan pada mesin pencari

  • Langkah Kelima

Konfigurasi selanjutnya adalah pada menu Post Types SEO Setting, pada menu ini Anda akan melakukan konfigurasi SEO untuk semua jenis posting Anda. Untuk melakukan konfigurasinya silahkan ikuti contoh dibawah ini.

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-4

  • Langkah Keenam

Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada menu TAXONOMIES & ARCHIVES, pada menu ini saya memilih konfigurasi noindex dan dofollow. Tapi semua tergantung kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menggunakan pengaturan yang saya gunakan, cukup pilih “noindex” dan juga “hide”. Berikut ini adalah screenshoot pengaturan yang saya gunakan.

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-5

  • Langkah Ketujuh

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi pada menu Other, berikut ini konfigurasi yang saya gunakan.

cara-install-dan-setting-plugin-seo-by-yoast-6

  • Langkah Kedelapan

Langkah yang terakhir adalah mengaktifkan fitur XML Sitemaps, Dengan mengaktifkan fitur Sitemap pada plugin seo by yoast ini, maka urusan sitemap blog Anda sudah terselesaikan dengan plugin ini. Setelah fitur sitema diaktifkan, maka silahkan kirimkan sitemap blog Anda menuju mesin pencari seperti Google dan Bing serta mesin pencari lainnya.

Nah itulah cara install dan setting plugin seo by yoast yang saya gunakan yang bisa Anda terapkan pada blog Anda. Semoga membantu Anda semua dan terimakasih sudah berkunjung.

5 thoughts on “Cara Install dan Setting Plugin SEO By Yoast Terbaru 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *