Jadilah Leader dan Bukan Boss Jika Ingin Bisnis Anda Sukses

Tipe-Pemimpin

Saat jadi seorang pebisnis sudah pasti Anda akan jadi seorang pemimpin untuk karyawan Anda demi mencapai target perusahaan. Namun sadarkah Anda jika dalam dunia bisnis ada dua tipe pemimpin, apakah itu?

Secara umum ada dua tipe pemimpin yaitu Boss dan Leader, lalu harus jadi pemimpin seperti apakah Anda? mari kita simak.

Jika Anda melihat tim/karyawan adalah sekumpulan orang – orang yang menjengkelkan dan Anda akan memberikan deadline yang harus diselesaikan setiap hari, maka Anda adalah tipe Boss.

Namun jika Anda melihat tim/karyawan sebagai teman dan Anda nyaman bekerja sama serta mengarahkan mereka dengan sabar dan seksama, maka Anda adalah tipe Leader.

Dari kedua tipe tersebut ada sebuah perbedaan mencolok, tipe Boss cenderung akan menyerahkan semua pekerjaan kepada bawahannya, Boss hanya akan menerima hasil akhirnya.

Sedangkan tipe leader akan cenderung bekerja bersama – sama dengan karyawannya demi mencapai tujuan perusahaan yang maksimal.

Pilihan untuk menjadi pemimpin ada ditangan Anda, mau jadi Boss boleh, mau jadi leader boleh. Jika Anda memimpin sebuah bisnis dengan gaya “Boss”, tidak salah, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan namun itu bersifat jangka pendek.

Namun berbeda jika Anda mempimpin sebuah bisnis dengan gaya seorang leader, Anda akan mendapatkan keuntungan dengan jangka panjang.

Mengapa demikian??

Karena dengan gaya kepemimpinan “leader” Anda akan bisa mengenal lebih dekat karakter karyawan Anda, dapat mengetahui apa masalah dan kendala mereka. Dengan begitu Anda bisa memberikan solusi untuk bisnis Anda.

Berbeda dengan gaya kepemimpinan seorang Boss yang cenderung tidak mau tau kesulitan apa yang karyawan hadapi, apa yang mereka butuhkan. Sehingga meskipun bisnis tersebut mencapai goalnya, hal tersebut tidak akan bertahan lama.

Lalu bagaimana cara menjadi pemimpin dengan gaya kepemimpinan “Leader“, simak beberpa hal berikut yang bisa Anda lakukan.

Berikan Perhatian Kepada Karyawan

Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin yang baik, berilah perhatian kepada karyawan Anda. Tanyakan apa masalah dan serta kebutuhan mereka untuk mencapai target perusahaan.

Berikan Arahan Kepada Karyawan Anda, Namun Bukan Mengontrolnya

Berikanlah arahan kepada karyawan Anda bagaimana seharusnya bisnis ini berjalan. Namun perlu diingat, memberi arahan bukan berarti Anda mengontrol kepada mereks. Berikan kebebasan kepada mereka untuk mengeksplorasi kemampuannya.

Berikan Kepercayaan Kepada Karyawan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, sangat dibutuhkan yang namanya kepercayaan. Jika Anda sebagai pemimpin tidak percaya kepada mereka, sudah pasti tentunya, karyawan Anda akan merasa takut melakukan kesalahan, dan hal tersebut bisa menganggu iklim kerja mereka.

Beri Motivasi

Berilah motivasi kepada karyawan Anda jika bisnis Anda atau mereka sedang mengalami hambatan atau kegagalan. Dan juga sebaliknya, berilah reward buat mereka untuk menumbuhkan semangat mereka bekerja.

Nah itulah cara menjadi pemimpin tipe ” Leader”, Jika Anda adalah Pemimpin tipe Boss, belum ada kata terlambat untuk mengubahnya. Mengubah gaya kepemimpinan demi tujuan bisnis yang lebih baik adalah sebuah pengembangan diri yang baik.

Intinya, jadikan karyawan Anda selayaknya sahabat. Hilangkan sekat – sekat yang membuat kondisi kerja di perusahaan Anda menjadi tidak nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika adan komentar, tambahan, atau masukan, silahkan tinggalkan komentar Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *