alergi anak oleh makanan
alergi anak oleh makanan

Alergi adalah suatu kondisi abnormal dimana tubuh mengalami reaksi yang tidak wajar ketika suatu zat asing mengenai atau masuk ke dalam tubuh. Kasus alergi ini dapat mengenai siapa saja tak terkecuali anak-anak. Justru pada kasus alergi makanan, anak-anak lah yang sering mengalaminya karena sistem pencernaan mereka yang belum sempurna. Meski begitu biasanya pada usia tertentu alergi tersebut dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan sempurnanya sistem pencernaan, namun ada juga masalah alergi anak dari penyebab makanan yang menetap hingga si anak dewasa.

Terkadang orang tua terlalu terburu-buru dalam memberikan makanan lain selain ASI kepada buah hati mereka. Mereka berfikir bahwa si anak sepertinya sudah gemar makan dan ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan nutrisi anak sehingga pada usia yang sebetulnya belum layak diberikan makanan padat, balita sudah diberi makanan lain selain ASI. Hal tersebut kemudian menjadikan sistem saluran cerna nya justru menjadi rentan terhadap makanan-makanan yang sering menjadi zat pencetus alergi.

Berikut ini adalah macam-macam alergi makanan yang kerap terjadi kepada anak baik bayi maupun balita:

  • Alergi susu sapi.
  • Alergi coklat.
  • Alergi daging ayam.
  • Alergi seafood.
  • Alergi kacang-kacangan.
  • Alergi perasa atau zat tambahan pada makanan olahan.

Macam-macam alergi tersebut dapat hilang dengan sendirinya, namun dapat juga menetap hingga dewasa dan menjadi alergi permanen.

Agar anak terhindar dari alergi maka pemberian makanan padat sebaiknya dimulai secara bertahap setelah usia bayi diatas 6 bulan. Pada awalnya berilah bayi nasi bubur dengan sayuran yang sudah dihaluskan. Pada pemberian lauk khususnya daging atau hati ayam dapat diberikan namun diberi jarak agar tidak terlalu sering. Sedangkan untuk bahan makanan yang sering menjadi penyebab alergi sebaiknya diberikan ketika anak berusia satu tahun, seperti seafood, kacang, coklat dan sebagainya. Hal-hal tersebut dapat dilakukan untuk menghindarkan mereka dari masalah pemahaman alergi anak yang salah sehingga bisa menganggu pola konsumsi makanan mereka hingga dewasa kelak. Selain itu pemberian makanan dalam bentuk cair juga dapat diberikan agar anak lebih mengenal banyak varian makanan namun tetap dalam takaran yang wajar.

vestathemes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here